5 Ide Passive Income Ini Bisa Membuat Mahasiswa Kaya Raya




Menjadi Mahasiswa tidak melulu tentang kuliah, tugas, dan organisasi. Kuliah dan tugas adalah kewajiban yang harus dilaksanakan. Sedangkan organisasi adalah kegiatan yang memiliki nilai tambah untuk pengembangan diri seperti public speaking, kerjasama team, dll.

Namun, selain tiga hal diatas, ada hal yang perlu dipersiapkan oleh anda sebagai mahasiswa untuk masa yang akan datang. Yaitu menyiapkan kegiatan yang bisa menghasilkan Passive Income.

Apa itu Passive Income?


Passive Income merupakan pendapatan yang bisa didapatkan seseorang atas kegiatan ekonomi yang dia lakukan tanpa perlu berperan aktif dalam kegiatan tersebut, bahkan saat orang tersebut tertidur.

Keuntungan Passive Income?

1. Passive Income Menawarkan Kebebasan Waktu. Waktu adalah sesuatu yang paling berharga untuk kita, terlebih untuk mahasiswa dengan kehidupan kampusnya, seperti tugas, laporan, nongkrong, ngopi santai, dan organisasi. Tanpa memerlukan usaha yang ekstra dan alokasi waktu, kita bisa mendapatkan penghasilan rutin dari Passive Income.

2. Passive Income Menawarkan Passion dalam Hidup. Kita semua memiliki Passion dalam hal yang ingin kita lakukan. Namun, semakin beranjak dewasa, passion jadi sesuatu yang di kesampingkan, karena ada yang lebih penting yaitu - uang. Jika selama ini kita melakukan sesuatu bukan karena passion, mungkin itu tidak menyenangkan bagi kita. Nah dari Passive Income yang sesuai dengan passion, kita bisa bekerja dengan senang hati dan mendapatkan gaji yang tinggi.


3. Passive Income Jadi Jaminan Masa Depan. Bayangkan, saat kita kuliah selama 4 tahun dan sudah punya penghasilan. Setelah lulus, tidak perlu susah payah mencari pekerjaan karena dari ide-ide Passive Income ini kita bahkan bisa membuat usaha atau bisnis sendiri. Ini juga bisa menjadi investasi kita di masa yang akan datang.


Apa yang bisa dilakukan Mahasiswa untuk Mendapatkan Passive Income?

1. Membangun sebuah website/blog


Membangun sebuah website/blog adalah pilihan yang tepat untuk mahasiswa, terlebih jika Anda suka menulis. Dari blog ini kita bisa jadikan wadah tempat para pengiklan untuk mengiklankan produknya. 

Sistem Pendapatan tergantung dari sistem mana yang Anda ikuti. Jenis periklanan yang paling populer adalah Iklan PPC atau Pay-Per Click. 

Pay-per Click adalah model menghasilkan uang berdasarkan setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung terhadap iklan yang dipasang di website/blog Anda. Penyedia iklan PPC terpopuler adalah Google Adsense.  

Google Adsense akan membayar Anda dengan mengacu pada jumlah tampilan iklan dan jumlah klik yang dianggap sah oleh penyedia PPC.

2. Membangun sebuah Channel YouTube

Membangun sebuah Channel Youtube adalah sesuatu yang sangat menguntungkan. Konten yang dibuat bisa berisi tentang edukasi, animasi, unboxing, gaming, bahkan tutorial. 


Setelah channel Anda sudah berisi konten, lakukan monetisasi dan sambungkan dengan Google Adsense, pastikan konten yang dibuat original agar mudah diterima oleh Google Adsense. 


Tetapi, ada syarat yang harus terpenuhi agar bisa dimonetisasi, yaitu 1000 subscriber dan 4000 jam tayang dalam 12 bulan terakhir pada channel Anda. 


Jika sudah diterima maka channel Anda akan terpasang iklan dari pihak Google Adsense. 


Sistem pendapatan nya ada 2 yaitu, CPM dan RPM. 


CPM adalah Cost Per Mille dimana berlaku 1$ / 1000 tayangan. 

Sedangkan RPM  adalah singkatan dari Revenue Per Thousand Impressions
Dalam hal ini, Youtube mengambil potongan sejumlah 45% pendapatan iklan yang dihasilkan lewat Channel YouTube Anda dari keseluruhan total RPM

3. Menjadi Dropshipper


Dropshipper adalah pelaku dropshipping. Apa itu dropshipping? 


Dropshipping merupakan proses pengirim barang secara langsung ke pelanggan Anda dari pemasok yang merupakan pihak ketiga. Hal ini dilakukan tanpa perantara. Secara sederhana, dropshipping hampir mirip dengan bisnis reseller yang sudah sering Anda dengar.


Beberapa keuntungan menjadi dropshipper 

1. Modal yang dikeluarkan sedikit.
2. Proses yang mudah dijalankan.
3. Lokasi dan Waktu berjualan lebih fleksibel.
4. Pilihan produk yang variatif.
5. Tidak terlalu menghabiskan Waktu, Tenaga, dan Pikiran.


4. Membuat Aplikasi Android

Mengapa aplikasi android? Karena didalam aplikasi yang Anda buat bisa dipasangkan iklan dari Google AdMob. 

AdMob adalah platform advertising Google  untuk memonetisasi aplikasi mobile, developer bisa mempromosikan aplikasi mereka melalui iklan in-app, 

Ide ini juga cocok untuk mahasiswa IT yang suka pemrograman alias ngoding. Bisa sekaligus belajar untuk memenuhi mata kuliah.

Sistem Pendapatan nya yaitu CPC, Cost Per Click. 


5. Bisnis Microstock

Microstock itu adalah bisnis yang memperjual belikan foto/vector/video dengan sistem free royalty.

Jadi pembeli cukup membayar sekali saja dan bebas mempergunakan foto/vector/video Anda, tentunya dengan kebijakan yang berbeda-beda.

Tapi meski hanya membayar sekali, Anda bisa menjual image kita berkali-kali atau bisa dijual seumur hidup kepada buyer lainnya. Intinya sih ini cuma bisnis menjual image atau footage.

Harga jual image yang ditetapkan oleh tiap agensi microstock ini sangat beragam, ada yang sangat murah dan ada yang cukup mahal. 

Sebagai penjual Anda pasti sangat senang kalau jualan kita bisa dijual dengan harga mahal, tapi menurut saya tiap agensi memiliki keunggulannya sendiri-sendiri. 

Memang jika dilihat dari nilai perdownloadnya hasil yang didapatkan sangat sedikit, yang digaris bawahi dari microstock Adalah penghasilan yang berkesinambungan atau terus menerus dan pasti. 

Seperti bermain Adsense, yang perlu Anda lakukan adalah terus berkarya dan menghasilkan konten baru tanpa ada tekanan dari klien atau lainnya.

Jika portfolio yang Anda hasilkan sudah banyak kemungkinan Anda bisa mendapatkan 10-20 download perhari dan bahkan bisa lebih banyak lagi, bayangkan berapa banyak download yang bisa Anda dapatkan dalam sebulan, Anda akan menerima penghasilan secara terus menerus perbulannya. 

Kesimpulan

Nah itu beberapa ide yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan Passive Income. Tunggu apalagi, langsung eksekusi.
"Jangan fokus sama uangnya dulu, nanti kerjanya gak jadi. Kerja dulu yang bagus, nanti uangnya bakal datang" sedikit kata-kata dari Chairul Tanjung.

2 Responses to "5 Ide Passive Income Ini Bisa Membuat Mahasiswa Kaya Raya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel