Jangan Coba Coba Mulai Bisnis kalau Kamu Masih Punya Sifat Ini !!!



Apakah kamu bercita-cita atau saat ini malah sudah menjalankan usaha atau bisnis? Pengusaha memang salah satu profesi yang paling diminati oleh anak muda atau kaum millenial. Satu per satu, teman-temanmu pasti juga pernah mencobanya.

Ketika memulai usaha atau bisnis, bukan hanya membutuhkan modal dalam bentuk uang, tapi modal yang utama, yaitu Modal Mental. 

Memulai usaha itu memang butuh mental yang tahan banting. Dan asal kamu tahu tidaksemua orang dinyatakan siap memulai usaha walaupun secara modal mereka sudah sangat siap.

Sesungguhnya menjadi pengusaha memang tidak mudah. Pengusaha yang namanya telah terkenal juga perlu waktu cukup panjang untuk membuktikan bahwa yang dilakukannya tidak sia-sia. 

Kesuksesan adalah tujuan akhir dari perjalanan yang panjang dan membingungkan. Orang sampai di sana bukan karena mereka cepat berlari. Namun karena mereka menolak berhenti.

Ada beberapa sifat dalam diri yang harus dihilangkan jika kamu hendak mendirikan usaha.

1. Takut Rugi

Kalau kamu masih gentar dengan cerita-cerita pengusaha yang rugi besar-besaran, lebih baik kamu pikir dua kali kalau mau bikin usaha. Perjalanan usaha itu tidak instant atau melejit naik keatas, pasang surut pasti kamu temukan di dalam nya. Tidak menutup kemungkinan usaha mu juga mengalami kerugian.

Bahkan ide ide bisnis yang saya tulis sebelum nya juga bisa mengalami kerugian.
Baca : 5 Ide Passive Income Ini Bisa Membuat Mahasiswa Kaya Raya.
Yakinlah bahwa usaha mu bisa berhasil, walaupun akan ada kemungkinan rugi didalamnya. Terus melangkah dan berani memberikan modal untuk usaha. Jangan berpikir rugi dulu, kalau kamu memberikan modal saja enggan.

Jangan takut rugi, karena mungkin dari kerugian itu kita dapat mengambil pelajaran untuk usaha kita kedepannya. Yakin lah akan rejeki kita. Terus lakukan dan berdoa. Yakinlah Allah memudahkan usaha kita.
"Tidak ada satupun makhluk bergerak(bernyawa) dibumi ini, melainkan dijamin Allah rejekinya"  (Q.S. Hud : 6).

2. Negative Thinking

Mereka yang sering berpikiran negatif tidak akan bisa memulai usaha. Negatif di sini maksudnya bukan negatif dalam hal kejahatan, melainkan negatif dalam artian
banyak menyalahkan situasi. Seperti merasa kurang modal,kurang relasi, tidak punya investor, dll.

Efek buruk nya, ketika usaha gagal dia yang berpikiran negatif langsung menyerah dan tidak mengambil pelajaran dari kegagalan tersebut.

Negative Thinking ini bisa dicegah dengan Positive Thinking, yaitu berpikiran negatif. Contoh nya selalu berprasangka baik atas segala sesuatu yang terjadi. Percaya deh, itu akan memberikan energi positif untuk kamu, teman mu, lingkuan mu, bahkan bisnis mu.

Larangan berprasangka buruk atau berpikiran negatif.
"Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan berprasangka, karena sesungguhnya sebagian tindakan berprasangka adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain.” (Al-Hujurat : 12).

3. Mau Cepat Untung

Setiap usaha ada proses yang dijalani, termasuk dapat untung. Kalau cuma berpikir mau dapat untung, yang ada usaha tidak akan berkembang.

Ketika kamu berpikir seperti ini, maka kamu akan merasa tertekan. Bisnis yang kamu jalani bisa jadi malah tifak berkembang seperti yang sudah direncanakan.

Sangat wajar bagi pebisnis atau pengusaha pemula yang ingin cepat mendapat untung, tapi alangkah lebih baik untuk menikmati prosesnya, dari sana lah kita belajar, dari sana juga kita merasakan pahit manis nya memulai usaha.

Jika kamu merasakan sesuatu yang tidak diinginkan atau  kesulitan, maka bersyukurlah. Itu adalah suatu keberkahan. Karena dibalik kesulitan ada kemudahan.
“Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan” (Q.S. Al-Insyirah :5).


0 Response to "Jangan Coba Coba Mulai Bisnis kalau Kamu Masih Punya Sifat Ini !!!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel